Archive for Juni 2012

  • Cara Terbaru Mendapatkan Domain Gratis

    18
    Setelah mencari kesana kemari cara untuk mendapat  Domain secara gratis, akhirnya saya telah menemukan cara mendapatkannya gratis Dan domain gratis tersebut saya dapat dari Intuit dan telah saya praktekkan, hasilnya saya telah mndapatkan domain yang saya inginkan secara gratis dari Intuit. Nah bagi kalian yang ingin mendapat domain .com .net .org .info .biz .name secara gratis seperti saya, silakan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

    1. Daftar untuk mendapatkan akun dari Intuit. (Daftar Disini)
    2. Kemudian isi semua data yang diminta.



    3. Lalu klik “Choose a domain (www.yourname.com) for your website”.



    4. Masukkan nama domain yang kalian inginkan.
    5. Jika Domain yang kalian inginkan tersedia klik "Get Domain".



    6. Selanjutnya isi lagi semua datanya seperti Nama, Email, Nomor HP, dll.



    7. Setelah itu kalian akan diarahkan ke halaman Info kontak, Jangan centang Domain Privasi (Nanti Akun Kalian Bisa Disuspend) cukup Centang Saya Setuju (I Agree) lalu klik Submit.



    8. Kemudian akan muncul halaman pop out yang tujuannya untuk meminta Informasi dan alamat penagihan domain kalian (Domain yang kalian minta gratis, tapi untuk melindungi terhadap penipuan mereka membutuhkan informasi penagihan domain kalian).
    9. Pada bagian credit card isi seperti dibawah :
    Nama card = Isi Terserah
    Nomer card = 4067424205414109
    Exp date = 02/13
    Security code card= 145



    Domain yang kalian inginkan akan diproses dalam waktu kurang dari 24 Jam, jadi silakan tunggu hingga domain kalian aktif, tapi biasanya hanya membutuhkan waktu 3-5 Jam saja.

    Gunakan dengan bijak ya kak

    NB:
    - Order hanya boleh 1 domain dalam 1 akun, nanti domain kalian bisa mati semua.


    SUmber: black4rt.us
  • Cara Menambah Emotion Dikotak Komentar Blog Terbaru

    9
    Cara ini sebenarnya sudah banyak teman-teman blogking yang sudah update terlebih dahulu tentang artikel ini, namun karna permintaan teman akhirnya saya tulis. Dengan memasang emotion dikotak komentar maka para komentator akan lebih mudah untuk mengekspresikan perasaannya. Salain itu, akan membuat blog kita lebih ekspresif.
    Untuk memasang emotion ini sangatlah mudah, dengan sobat mengikuti langkah-langkah dibawah ini dijamin akan berjalan lancar.
    1. Login ke Akun Blogger sobat
    2. Klik menu Template
    3. Klik Edit HTML
    4. Kemudian jangan lupa centang Expand Template Widget
    5. Cari kode </body>
    6. Copas kode dibawah ini dan taruh tepat di atas kode </body>



    <style type='text/css'>
    .emoWrap {
      background-color:#EEDE86;
      border:2px solid #D3BA59;
      padding:10px 14px;
      color:black;
      font:bold 12px Tahoma,Arial,Sans-Serif;
      text-align:center;
    }

    img.emo, input.emoKey {
      display:inline-block; /* Penting! */
      *display:inline;
      vertical-align:middle;
    }

    input.emoKey {
      border:1px solid #ccc;
      background-color:white;
      font:bold 11px Arial,Sans-Serif;
      padding:1px 2px;
      margin:0px 0px 0px 2px;
      color:black;
    }
    </style>
    <script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.7.1/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
    <script src='http://reader-download.googlecode.com/svn/trunk/jquery.autoemoticons.js' type='text/javascript'/>
    <script type='text/javascript'>
    //<![CDATA[
    var emoRange    = "#comments p, div.emoWrap",
        putEmoAbove = "iframe#comment-editor",
        emoMessage  = "Untuk menyisipkan emoticon setidaknya Anda harus menambahkan satu spasi di awal simbol.";
    //]]>
    </script>
    </div><!-- penutup cyb3r6h0stautotooltip --><script type='text/javascript'>wb.$_auto_tooltip(&#39;warungbebasautotooltip&#39;);</script>
    7. Save Template
    Selesai...... Nah, itu adalah cara memasang emotion dikotak komentar blog. Jika sobat kesulitan atau tidak berjalan dengan lancar, sobat bisa kometar di kotak komentar.

    untuk demo lihaat di blog ini ya sobat
  • Template Blog Transparan

    7
    Helloo sobat Blogger semua, kembali Saya sapa sobat2 Blogger, dan pada kesempatan kali ini, dan atas permintaan teman Saya, untuk pertamakalinya Saya Share Template Blog. Ok, tidak perlu berlama-lama, silahkan lihat2 dulu Template Blog Transparan koleksi Saya.
    Template Transparan ]-™ [1]

     Template Transparan  [2]

    Template Transparan [3]

    Template Transparan  [4]

     DOWNLOAD

    Saya minta maaf karena tidak menyertakan Demo, tapi hanya lewat gambar saja. Semoga Kalian suka dengan 4 Template Blog Transparan koleksi Saya, dan jika Kalian berkenan, Saya harapkan tinggalkan jejak berupa Komentar Kalian. Semoga 4 Template Blog Transparan di atas bermanfaat buat Kalian.
    Salam Blogger Indonesia.
  • Template Dark Emon

    1
    SCREEN SHOT :
                 
    Featured :
    • footer columns and posts thumbnails.
    • floating in the header navigation menu 
    • Template SEO Friendly
    Semoga Berguna Template ini gan
  • Kesalahan Fatal SEO

    9
    1. Keyword

    Keyword yang salah target, bahkan hal ini tidak hanya terjadi pada para blogger, justru perusahan-perusahaan besar pun banyak melakukan kesalahan dalam hal keyword yang salah sasaran. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan persepsi terhadap "kata kunci" yang sering digunakan oleh para pengguna mesin pencari. Misal kita menggunakan kata kunci "jQuery" pada blog yang kita kelola, padahal para pengguna mesin pencari tidak pernah menggunakan kata kunci tersebut sehingga sehebat apapun artikel yang ada pada blog tersebut, jelas mesin pencari tidak akan mengarahkan para penggunanya ke blog yang menggunakan kata kunci "jQuery". Agar kita tidak salah sasaran/target pengunjung, tidak ada salahnya kita menggunakan perangkat (tool) bantuan dalam menganalisis dan menemukan kata kunci (keyword) yang paling sering digunakan oleh para pengguna mesin pencari yang kira-kira cocok untuk blog yang kita kelola. Contoh tool gratisan yang bisa kita gunakan adalah Keyword Suggestions.

    2. Meta Tag
    Terlalu terfokus pada meta tag adalah kesalahan berikut yang sering dilakukan oleh para pengelola blog atau website. Para pemilik blog menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengoptimisasi meta tag, padahal search engine memiliki teknologi baru dengan alogaritma dari crawler dan robot search engine yang sama sekali tidak melihat lagi meta tag sebagai acuan utama. Hal terpenting bagi blogger sekarang akan lebih baik jika memperkaya konten dari blog atau website yang dikelolanya hal ini untuk memberikan kesempatan lebih besar kepada search engine untuk melakukan indeks blog dari kata kunci yang tersedia banyak pada konten.

    3. Blog Gratis
    Inilah kelemahan alami para blogger gratisan. Sebenarnya bukan kesalahan fatal namun kesempatan dan kemauan yang sulit terealisasi. Siapapun pasti ingin memiliki/menyewa hosting sendiri dalam kegiatan blog-nya. Namun terkadang keadaan memaksa kita untuk memanfaatkan yang tersedia. Hal ini harus kita akui sebagai para pengguna blog gratisan termasuk diakui oleh Blogger Tune-Up bahwa kelemahan menggunakan blog gratisan adalah sulit meningkatkan kualitas SEO. Bahkan Blogger Tune-Up menemukan hal yang sangat menyedihkan ketika beberapa artikel asli justru diakui oleh blogger lain yang menggunakan layanan hosting sendiri dan lebih menyedihkan lagi ketika menggunakan kata kunci tersebut justru blog bajakan yang nangkring di posisi pertama. Namun Blogger Tune-Up yakin, dengan kualitas artikel yang selalu original dan murni hasil pemikiran akan menggeser dominasi blogger hosting berbayar yang ternyata hasil plagiat. (Ayo kita buktikan!!!)

    4. Backlink
    Backlink bagaikan dua sisi mata uang, ada sisi yang menguntungkan namun ada sisi lain juga yang merugikan. Backlink yang baik itu berasal dari blog, website atau forum dengan kategori dan konten yang sama/mirip dengan konten dari blog yang kita kelola. Kesalahan para blogger dalam meraih backlink salah satunya dengan bertukaran link dengan blogger lain tanpa memperhatikan materi yang di buat oleh blogger lain. Seandainya satu materi dengan blog kita merupakan keuntungan bagi blog kita, namun jika berbeda materi itulah yang merugikan, karena terlalu banyak backlink yang berasal dari blog yang berbeda materi sering menjadikan backlink tersebut sebagai spamming backlink. Terlalu banyak spamming backlink akan membuat blog kita di banned oleh mesin perncari, maka berhati-hatilah dalam backlink, dan akan lebih baik melakukan pertukaran link itu dalam suatu konten atau artikel, misal dengan saling membahas suatu materi yang saling terkait. Satu blog membahas suatu materi yang ada pada blog lain dan blog yang dimaksud juga melakukan pembahasan materi unik lainnya dari blog sahabatnya. Itu hal terbaik dalam teknik backlink.

    5. Image (Gambar)
    Gambar merupakan bagian untuk memperkaya konten blog, namun kesalahan yang sering dilakukan yaitu tanpa memberi keterangan pada gambar, sehingga search engine tidak menemukan apa-apa dan tidak dapat mengkaitkan gambar dengan konten artikel. Ini merupakan salah satu kerugian bagi para pemilik blog, gambar tanpa keterangan kurang bermakna bagi konten dan lebih baik kita memberikan keterangan pada gambar yang berfungsi sebagai pelengkap konten blog. Keterangan gambar bisa diberikan dibawah atau diatas gambar, atau memberikan keterangan gambar melalui tag alt, tag title atau dengan memanfaatkan kedua tag tersebut.

    6. URL
    Nah, ini merupakan kesalahan lainnya yang sering dilakukan oleh para blogger. Pernahkah kita mencoba menggunakan kata kunci tertentu pada mesin pencari dan mesin pencari menampilkan URL dari kata kunci yang kamu masukan? Jika pernah mencoba namun keyword yang kita gunakan tidak menampilkan URL yang menuju blog anda, itu menunjukan bahwa URL yang kita sertakan pada blog tidak mengandung keyword dan itu berarti ini kerugian lagi bagi pemilik blog. Gunakan tag title atau tag alt untuk memasukan keyword pada URL yang kita sertakan pada blog kita, hal ini bisa merupakan bagian dari SEO.

    Selamat mengkaji kembali blog yang kita kelola, dan jadilan blogger yang mampu menganalisis SEO dengan baik tanpa kesalahan-kesalahan lagi seperti yang disebutkan diatas. Jika mempunyai masukan lain, silahkan tinggalkan pada komentar. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Happy Blogging :)
  • Perilaku Para Blogger Sukses

    3
    Setelah membahas kebiasaan jelek blogger baru pada artikel sebelumnya, sangat tidak berimbang jika hanya membahas hal-hal jeleknya saja. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari sepak terjang para blogger sukes. Seperti apa dan bagaimana perilaku blogger yang sukses? Namun sebelum membahas lebih jauh tentang prilaku blogger sukses, saya sebagai penulis akan menggaris bawahi kata "sukses". Sukses disini bukan hanya dilihat dari sisi materi yang di peroleh sang blogger namun juga seberapa jauh blogger tersebut di kenal didunia maya dan eksis sebagai seorang blogger walau terkadang terkenalnya seseorang tidak berbanding lurus dengan pendapat yang di peroleh, bisa saja lebih besar atau justru sebaliknya. Itu berarti penilaian yang diberikan merupakan pandangan saya sebagai penulis, namun terkadang jika kita konfirmasi pada pemilik blog, mungkin mereka akan menyangkal bahwa mereka telah berhasil menjadi blogger yang sukses. Indikator yang akan saya sampaikan bersifat relatif yang tentu saja di lihat dan di nilai dari cara pandang saya terhadap prilaku-prilaku blogger yang saya anggap sukses. Indikator-indikator yang akan saya tuliskan dibawah ini merupakan cara yang paling sederhana dan mudah untuk dipraktekan. Dan mungkin saja indikator tersebut bukanlah hal penting jika di tilik dari sisi anda sebagai pembaca, namun bagi saya secara pribadi indikator tersebutlah yang sedang saya terapkan pada diri saya sendiri sebagai penulis.
    Perilaku Blogger Sukses

    Perilaku Blogger Sukses

    1. Tekun
    Tekun merupakan kunci sukses berikutnya untuk seorang blogger. Perilaku ini mudah diucapkan namun sulit di lakukan. Mas Ireng Ajah mengatakan "Membaca soal kesuksesan dari ngeblog, bisa kaya dari ngeblog, bisa menghasilkan duit dari blog, adalah semangat buat mereka untuk ikutan ngeblog tapi seringkali mereka hanya membaca dan mengambil kesimpulan hasil dari Blogger yang sukses itu saja tanpa mempedulikan proses perjuangan blogger-blogger yang sudah sukses seperti apa dan ketika mereka sampe titik tertentu belum bisa (baca: belum juga sukses), ujung-ujungnya adalah berhenti. Menjadi blogger itu berawal dari hobi dulu dan apabila sudah nyandu, semuanya akan berjalan dengan sendirinya termasuk soal monetize."
    Blogger hebat memahami bahwa keberhasilan dalam ngeblog tidaklah terjadi dalam semalam namun tidak pula jika disebut lambat. Untuk menjadi seorang blogger yang hebat perlu ketekunan, kerja keras, belajar yang serius dan tidak mudah menyerah. Hal ini memang tidaklah mudah. Membangun blog menjadi unik dan menonjol dari blog lainnya merupakan sebuah kompetisi yang sangat ketat, sangat menguras waktu, energi dan usaha. Kegigihan dalam menciptakan artikel yang menarik dan layak baca merupakan modal dasar seorang blogger dalam arti ketekukan sangat berperan dalam membangun sebuah blog. Ketekunan anda dalam membangun blog merupakan cara untuk membangun kepercayaan diantara para pembaca, mereka akan merasa nyaman berlama-lama di blog anda, menunggu artikel berikutnya serta mengajukan pertanyaan, membantu menjawab pertanyaan, atau bahkan memberikan masukan yang membangun. Contoh, Problogger.net bukanlah blog yang sprektakuler di dunia maya, namun mereka membangun blog dengan ketekunan tinggi, hingga mampu menjadi blog yang handal dan dihormati karena ketekunan penulis dalam menciptakan artikel demi artikel. Hal ini yang memainkan peran besar pada blog mereka hingga seperti saat ini.

    2. Konsisten
    Beben Koben mengatakan bahwa tanggung jawab, kesadaran, adil, bijaksana dan lain sebagainya bukanlah sesuatu yang diperoleh dengan belajar secara formil. Ini menggambarkan bahwa sikap mental positif yang dimiliki oleh seorang blogger sukses bukanlah hal yang identik dengan banyaknya sertifikat dan seberapa besar nilai yang diperoleh. Sikap mental ini merupakan bentuk konsistensi yang merupakan faktor penting bagi seorang blogger sukses.
    Seorang blogger akan mempertahankan niche (ceruk) dan secara konsisten mereka akan menulis subjek-subjek pada artikelnya dengan pendekatan yang terarah. Bahkan ketika mereka menuliskan suatu artikel yang tampak berada diluar topik niche, mereka akan berusaha mengubungkannya dengan cara yang mereka kuasai agar pembaca tetap tertarik dengan apa yang di bahas pada artikel. Blogger yang hebat akan menerbitkan artikelnya secara teratur, terpola dan dengan prediksi yang tepat.

    3. Ahli
    Mungkin anda berkali-kali bertanya dalam hati tentang apa yang membuat anda mengunjungi sebuah blog populer? Apa yang membuat anda mengikuti saran atau membeli sebuah produk? Apa yang membuat anda merasa bahwa blog tersebut memang layak untuk dibaca? Ini adalah pengertian ahli. Ahli mampu membangun kepercayaan dan handal sehingga menarik pembaca untuk kembali dan kembali lagi, itu semua karena keinginan dan harapan mereka terpenuhi.

    4. Semangat
    Perjalanan seorang blogger tidaklah selalu mulus, bersiaplah untuk menghadapi kekecewaan dan rintangan. Bagi seorang blogger hanya semangat kuatlah yang akan membuat mereka tetap menjalani masa-masa sulit. Blogger hebat sangat bersemangat dan mereka mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan blogging sebelum mereka terjun. Mereka tetap bersemangat bahkan tidak peduli apakah mereka berhasil mendapatkan uang atau tidak, keadaan yang memang sangat sulit namun mereka yakin hal itu tidak akan pernah menggagalkan semuanya. Orang yang selalu bersemangat dalam bekerja akan memantapkan langkahnya hingga tercapai apa yang mereka inginkan, mereka tidak peduli dengan konsekuensinya. Mereka akan terus berusaha membakar semangat mereka ditengah malam, memicu otak, merencanakan, dan selalu siap dengan berkurangnya waktu untuk istirahat alias ngantuk disiang hari. Huaaaaaaam!!! (asli bin original ngantuk saat menulis artikel ini, jam 2:15 WIB pagi).
    Jika anda tidak bersemangat dalam membangun blog, hal ini justru membuat anda sulit berhasil. Blog akan memberikan gambaran kepada pembaca tentang penulisnya dan memancing pemikiran pembaca sehingga mereka akan mampu melihat apakah blog yang dibangun itu bermanfaat atau hanya sekedar mencari uang. Jika hanya sekedar mencari uang, maka bersiaplah jika para pembaca pergi dan takkan pernah kembali. Bukannya uang yang didapat tapi ........ (isilah titik-titik dengan "stresss")

    5. Rutin
    Kelola waktu dengan sebaik-baiknya. Mengatur, memprioritaskan dan menjadwal sehingga anda tidak mengalami konflik serta mampu menetapkan waktu yang tepat. Buatlah suatu master plan dan jadwal penerbitan artikel, kemudian taatilah jadwal tersebut tanpa lagi memperdulikan hal lain. Jaga keseimbangan yang sehat antara kehidupan pribadi anda dan kegiatan blogging, jangan sampai satu hal mempengaruhi hal lainnya. Memang tidak semua blogger memerlukan penjadwalan, tetapi mereka dapat mengarahkan jalur yang sesuai dengan tujuan yang ingin di capai. Jika anda memelihara lebih dari satu blog, penjadwalan sangat membantu rutinitas.

    6. Inisiatif
    Berfikirlah layaknya seorang pengusaha. Blogger yang sukses akan berusaha mencari dan mendapatkan sisi lain dari pesaing-pesaingnya. Mereka memiliki pandangan untuk menemukan jalan dan oportunis. Mereka tidak berdiam diri untuk menunggu orang lain jika mereka menginginkan sesuatu untuk di raih, mereka akan berusaha mendapatkannya dengan tekad dan semangat tinggi.

    7. Rendah Hati
    Ingat bahwa kita berada didunia internet tidaklah hanya sehari, seminggu atau sebulan maka janganlah berbohong. Ingatlah masyarakat maya akan melihat dan memperhatikan anda. Jadilah diri sendiri apa adanya dan tulislah hal-hal yang menginspirasi hidup anda. Di dunia maya ini terdapat 2 jenis blogger; yaitu blogger asli dan blogger gadungan. Blogger sejati adalah asset berharga, mereka sangat dihormati dan dikagumi oleh pembacanya. Sedangkan blogger gadungan memiliki kecenderungan menceritakan dan melukiskan dirinya sebagai orang yang besar dari pada keadaan sebenarnya dan mengklaim dirinya secara berlebihan. Anda bisa saja mengklaim secara berlebihan dan bersuara dengan lantang, namun akhirnya masyarakat maya akan menyadari bahwa apa yang anda sampaikan itu adalah dusta. Masyarakat maya akan terus mengingat hal tersebut dan anda akan terjebak dalam tingkah laku sendiri dengan merasa besar dalam ruang yang sempit. Bahkan masyarakat maya akan memantu gerak-gerik anda, menelusuri latar belakang anda hingga akhirnya anda tidak mampu bergerak walau hanya menulis sebuah tanda titik.
    Seorang blogger sejati tidak akan membesar-besarkan dirinya, tidak akan berdusta, dan tidak akan berani membuat sebuah klaim tanpa dasar. Pembaca akan menghargai kejujuran dan tetap akan menjaga kepercayaan mereka pada diri anda. Sangatlah mudah bagi seorang blogger terkenal untuk menjadi sombong, karena merasa memiliki banyak pembaca dan pelanggan. Namun mereka sebenarnya tidak menyadari telah masuk dalam sebuah perangkap yang menjatuhkan pribadinya dan akhirnya hilanglah predikat blogger top pada dirinya. Arogansi adalah hal besar yang kosong. Blogger sukses nan hebat akan tetap sederhana dan rendah hati karena mereka sadar bahwa keberhasilan mereka sangat bergantung sepernuhnya pada orang lain terutama pembaca, link dan media sosial. Jika suatu hari anda berhasil menjadi blogger terkenal, ingatlah bahwa itu semua di bangun dan diperjuangkan untuk menjadi besar oleh orang lain. Apalah artinya artikel bagus, tersusun rapi namun tanpa pembaca? Selalu ingat bahwa keberadaan pembaca adalah asset berharga yang membuat blog anda menjadi besar. Jadikanlah blog sebagai perjalanan seorang manusia dalam memperoleh pengalaman indah.

    8. Konten adalah Raja
    Blogger yang sukses selalu mengatakan "konten adalah raja". Hal ini sangat sering kita dengar, namun begitu banyak blogger yang hanya mendengar tanpa mampu merealisasikan pada blognya yang akhirnya artikel yang mereka buat tidak berbicara tentang apapun. Lalu apa reaksi pembaca ketika menemukan blog dengan konten tidak jelas? Klik tombol "Back" secepat mungkin jika perlu mereka menekan tombol Back dengan satu kedipan mata. Blogger hebat sangat memperhatikan artikel. Mereka selalu menulis artikel yang berguna, informatif dan mampu mengajak pembacanya untuk beraksi. Konten yang efektif dan unik akan menarik lalu lintas dan jika ternyata tidak sesuai dengan target maka upaya lebih lanjut sangat diperlukan. Analisis pasar, niche, konten dan hal lain yang diperlukan.

    9. Perbaiki Diri
    Blogger sukses menjalani pekerjaannya dengan gaya hidup yang sehat dan up-to-date terhadap teknologi. Pikiran yang sehat dan tubuh yang kuat akan meningkatkan efisiensi sehingga menjernihkan dan mempertajam pemikiran dalam membuat artikel. Anda mungkin akan sulit memahami bagaimana hal tersebut sangat membantu sampai anda melakukannya sendiri. Tetaplah menggunakan teknologi, bergabung di forum, membaca artikel dan mengikuti blogger lain.

    10. Ciri Khas
    Blogger sukses tahu bagaimana menciptakan ciri khas yang unik. Apa yang membuat blog anda menonjol, unik dan menarik? Itu bukanlah apa yang anda tulis tetapi "Itulah Anda!". Identitas anda yang membuatnya menjadi unik, sehingga pembaca akan menemukan identitas anda dan menghubungkannya sebagai niche (ceruk) anda. Ciri khas atau merk adalah hal yang sangat penting. Blog anda mungkin saja bercerita tentang hal yang sama dengan blogger lainnya dan mungkin juga memiliki kemampuan menulis yang sama serta kreativitas yang sama, namun tetap ada yang membedakan anda dengan jutaan blog di luar sana. Salah satu pembeda unik dari ciri khas anda dan bisa saja sangat menguntungkan adalah nama domain sendiri. Blog yang baik dan memiliki ciri khas unik atau bahkan merupakan merk blog anda merupakan hal yang paling mudah untuk memperkenalkannya pada pembaca. Maka jadikanlah diri sendiri sebagai hal yang unik, khas, dan jadikan brand identity.

    11. Respon Terhadap Kritik
    Blogger hebat sangat respon dengan kritik. Seiring dengan meningkatnya popularitas sebagai blogger maka berbanding lurus dengan jumlah kritik yang diterima. Kritik merupakan bagian dari sebuah permainan dan keberhasilan tanpa kritik tidaklah terasa begitu manis. Jauhkan emosi dalam menghadapi kiritk dari para pengkritik yang jumlahnya akan terus bertambah seiring semakin populernya blog yang anda kelola. Saya bahkan tak mampu membayangkan ketika seorang blogger berhasil lolos dari serangan dan kritik media. Hal ini memanglah buruk bagi seorang blogger karena internet telah membentuk dunia global tanpa hukum dan tanpa penguasa, dan kritik akan sangat cepat menyebar seperti merambatnya api diatas pemukaan minyak. Blogger hebat mampu mempelajari dengan baik kapan suatu kritik itu harus didengarkan dan kapan suatu kritik harus dibiarkan tanpa respon. Namun, blogger hebat terkadang menerima ancaman yang sangat berbahaya, dan mereka telah belajar untuk menjaga hal-hal yang bersifat pribadi. Semua blogger pernah menerima kritik baik itu positif maupun kritik negatif, terutama pada tahap ketika sebuah blog beranjak populer, dan blogger hebat tidak akan terkungkung hingga jatuh dalam genangan kritik. Sebaliknya, mereka akan menekan balik dalam menghadapi kritik serta menyadari bahwa itu adalah batu loncatan untuk meraih kesuksesan.

    12. Membatasi Diri
    Jika anda menanggapi setiap email yang masuk maka anda akan kehilangan banyak waktu. Blogger hebat harus mampu mengembangkan diri dan mampu mengatakan "tidak". Namun tetap harus menghormati waktu pembaca dan memanajemen mereka. Mengelola waktu dan kemampuan berkomunikasi bukanlah hal mudah. Ketika anda baru saja memulai untuk belajar membatasi diri, kehilangan pembaca karena apa yang dilakukan (atau tidak dilakukan) mungkin hal yang sangat menakutkan. Ketahuilah bahwa membatalkan atau membatasi sebuah permintaan dengan sopan santun tidak akan mengurangi jumlah pembaca anda.

    13. Interaksi
    Blogger hebat sering menjalin kerjasama melalui jejaring media sosial yang saling menguntungkan. Mereka biasanya membangun persahabatan dibelakang layar. Hubungan seperti ini telah berhasil mempopulerkan artikel pada suatu blog bahkan ketika artikel yang dibuat tersebut tidak terlalu baik. Para blogger terutama blogger Indonesia sering sekali mengabaikan manfaat dari hubungan ini. Bahkan keadaan sebaliknya, para blogger Indonesia saling merugikan satu sama lain, menjatuhkan dan merasa tidak nyaman jika blog orang lain berkembang pesat. Jelas ini adalah sikap mental yang harus di sisihkan, belajarlah berjiwa besar dengan saling menghormati satu sama lain. Buang jauh-jauh pemikiran lebih tahu, lebih bisa dan lebih hebat, karena pemikiran tersebut justru merupakan awal kemunduran seorang blogger.
    Mulailah dari hal kecil dengan berteman melalui jejaring media sosial. Karena sekelompok orang yang saling bekerja sama akan melahirkan sesuatu yang berharga hingga bisa dijadikan suatu rekomendasi. Setiap blogger populer biasanya merupakan superstar pada beberapa jejaring sosial. Lihatlah saja jumlah pengikut mereka dan mungkin anda akan merasa menjadi makluk paling konyol di planet ini. Ingatlah bahwa kerja keras akan membuat pembaca dengan suka rela menjadi pengikut blognya. Blogger populer adalah penggemar media sosial. Mereka akan berbicara dengan orang lain secara terbuka untuk berdiskusi dan memberi saran, dan ini akan tercermin pada jumlah pengikut mereka di jejaring media sosial. Interaksi dengan pembaca adalah jalan untuk membangun jaringan yang kuat. Sebuah blog bukanlah jalur satu arah dari ribuan penulis untuk jutaan pembaca. Sebuah blog bukan hanya memberikan informasi, tetapi juga merupakan cara berkomunikasi antara blogger dengan pembacanya. Blogger hebat akan dengan senang hati untuk berinteraksi dengan pembacanya, menjawab emailnya, saling berkomentar, dan meminta umpan balik. Berinteraksi dengan pembaca akan membangun kepercayaan, loyalitas dan mendorong partisipasi mereka. Ini akan membuat anda semakin dekat dan mudah untuk diakses. Jadikanlah menulis sebagai sarana untuk menciptakan kenyamanan dan menjaga para pembaca tetap santai, maka anda akan terhubung dengan pembaca sampai dengan tingkatan lebih pribadi. Ketika seseorang membaca artikel anda dan kemudian berkomentar, balaslah mereka dengan sebuah pengakuan dan ucapan terima kasih. Jika pembaca tweet salah satu artikel kita, ambillah dengan retweet. Jika sesama blogger, maka ceklah blog mereka, baca dengan seksama dan informasikan kepada yang lain jika itu dianggap layak untuk diinformasikan.

    14. Ringkas
    Pembaca datang ke blog anda untuk belajar sesuatu, tak seorang pun ingin terjadi kesalahan baca atau menimbulkan perdebatan terutama secara online. Blogger yang hebat tahu bagaimana mencuri perhatian pembaca dan kemudian mempertahankan mereka agar tetap nyaman. Mereka lebih suka artikel pendek yang mudah dipahami, mudah untuk di copy dan disisipkan ke dalam artikel, menggunakan judul yang menarik dan menyediakan daftar yang berurutan untuk memudahkan pencarian.

    15. Berdedikasi dan Aksesibel
    Blogger hebat jarang sekali menghilang tanpa sebab, mereka tidak hadir dalam hitungan jam kecuali dalam keadaan tertentu. Bila keadaan memaksa mereka untuk di hadir pada blog, mereka akan mengatur penerbitan artikel untuk blog tamu (penulis blog lain yang terjalin dalam jaringan) untuk menutupi ketidakhadiran mereka. Ini menunjukan kegigihan yang patut di tiru dan merupakan cara terbaik menghormati pembaca.

    16. Efisiensi Email
    Blogger sukses sangatlah efisien menggunakan email untuk berinteraksi dengan pembaca secara aktif. Mereka akan dengan senang hati menjawab pertanyaan dan saran. Ini adalah sebuah pengabdian yang hebat. Kita bisa mempelajari mereka dalam menggunakan dan menguasai seni email sebagai sarana untuk menjawab dengan cepat dan tepat terhadap sesuatu yang dibutuhkan pembaca. Blogger hebat mampu mengklasifikasikan email penting, membalas dengan singkat padat dan jelas, menanggapi email yang bermanfaat, menyisihkan email yang tidak penting ditanggapi, dan mereka mampu mengelola waktu dengan sangat baik dan efisien.

    17. Tetap Menulis
    Jika anda ingin meraih kesuksesan sebagai seorang blogger, teruslah menulis. Blogger yang hebat sangat produktif dalam menulis. Semakin sering menulis, maka semakin baik kualitas artikel. Semakin banyak artikel yang terbit, semakin banyak kesempatan artikel muncul di mesin pencari. Sederhananya, semakin banyak konten semakin banyak pengunjung. Blogger hebat adalah pekerja keras dan tidak ada cara lain kecuali teruslah berusaha. Membangun sebuah blog yang sukses membutuhkan banyak sekali waktu untuk duduk di depan komputer. Dan itu berarti kita harus mampu mengatur waktu dengan serius, meneliti, menulis dan mengedit ulang artikel. Kita tidak perlu menemukan niche yang terbaik dan berkualitas. Anda hanya perlu memancing otak untuk menemukan ide-ide segar. Ketahuilah bahwa pembaca terkadang tidak terlalu peduli dengan tata bahasa, yang penting kita mampu menyampaikan ide dan pendapat yang ada didalam pikiran. Jika ternyata pembaca mengalami kesulitan untuk memahami artikel yang telah ditulis, itu merupakan masukan bagi penulis untuk memperbaiki keterampilan menulisnya.

    18. Sabar
    Jika kita mengikuti perjalana seorang blogger sukses dari awal, maka kita akan melihat bahwa mereka menjalankan blogging selama bertahun-tahun hingga akhirnya mereka meraih kesuksesan. Tidak ada blogger yang sukses dalam semalam, itu berarti kita harus sabar dan belajar sabar. Pada titik dan kondisi tertentu, kita akan menemukan tantangan dalam menjalankan blogging. Jangan pernah menyerah dengan tekanan dan tantangan. Menemukan tantangan merupakan peluang emas bagi kita untuk belajar. Mampu beradaptasi dalam situasi yang sangat sulit akan mampu membuat kita terbiasa untuk menyesuaikan dan menyusun strategi yang lebih baik.

    19. Tetap Mencari Informasi
    Jika saya perhatikan maka banyak dari blogger sukses yang menganjurkan untuk membaca sebanyak mungkin. Membaca membuat kita tahu tentang perkembangan terbaru dan memperluas wawasan serta prespektif kita. Blogger hebat tidak pernah berhenti untuk belajar. Mereka akan mengatakan "tetaplah up-to-date dengan semangat ngeblog tinggi".

    20. Kreatif
    Kreativitas akan melahirkan kekaguman. Kami mengagumi kreatifitas karena hal tersebut akan membawa dan mampu menciptakan nuansa baru nan indah ke dunia ini. Banyak blogger sukses sebenarnya diawali dari cara menentukan ceruk (niche) dari awal, mereka membuat dan menciptakan sesuatu yang bermakna berawal dari ketiadaan. Blogger yang hebat mampu menjalin kerjasama yang kreatif, sehingga interaksi antara mereka dengan pembaca akan melahirkan sesuatu yang segar dan mengagumkan.

    21. Dorong Kesuksesan
    Seorang blogger hebat adalah visioner bahkan ketika mereka belum memulainya, mereka mengetahui arah yang akan dilewati. Tentukan tujuan yang realistis dan bayangkan masa depan, semakin diri menyadari akan masa depan, semakin keras (dan efisien) dalam bekerja untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Jaga tujuan anda dalam pikiran dan jangan teralihkan oleh tugas yang lebih kecil dalam kehidupan sehari-hari. Rencanakan apa yang ingin anda capai dengan blog dan kemudian lakukanlah yang terbaik.

    22. Investasi pada Desain
    Blogger hebat menyadari pentingnya brand, interface dan desain. Blog mereka selalu menarik untuk diperhatikan karena selalu memasukan fitur-fitur baru. Desain berkualitas tinggi dapat membuat blog anda tampak profesional dan layak untuk diperhatikan sehingga mereka akan berusaha menelusuri bagian demi bagian dan ini merupakan sisi lain untuk ditelusuri selain artikel yang tersedia. Proaktiflah untuk meningkatkan kualitas blog anda. Jika anda merasa perlu desain baru, lakukanlah dengan baik. Jika anda menginginkan visitor yang lebih banyak, lakukan penelitan dan terapkan apa yang telah anda pelajari.

    23. Jaringan
    Jaringan sangat penting untuk meraih kesuksesan. Link blogger hebat sering menjadi referensi untuk artikel; mereka menyebarkan "link cinta". Jika anda melakukan hal sama, anda akan dipuji dan menerima ucapan terima kasih karena telah membantu blogger lain, dan orang lain yang terbantu akan merasa berhutang budi kepada anda. Mereka akan dengan senang hati mengirimkan link menuju ke website anda. Nama anda akan di sebutkan didalam artikel dan bisa saja blogger lain akan memperkenalkan anda kepada teman-teman blogger mereka. Hubungan timbal balik yang sangat menguntungkan. Blogger sukses memperhatikan pembaca mereka untuk memperoleh rangking di Google. Mereka tidak mempermasalahkan dalam memberikan link balik (back link) ke blog dengan Page Rank rendah. Banyak blogger terperangkap SEO dan jumlah link; mereka hanya ingin memperoleh rangking tinggi dengan memasang link pada blog mereka dan mereka tidak suka berbagi link dengan blog berangking rendah.
  • Kebiasaan Jelek Para Blogger Baru

    6
    Banyak sekali yang bertanya baik di kotak komentar, email, forum, grup atau tempat-tempat lain tentang langkah awal menjadi seorang Blogger dan apa yang harus dilakukan. Pada artikel kali ini Blogger Tune-Up akan memaparkan dulu hal-hal yang harus dihindari bagi para (calon) blogger yang baru saja berniat untuk terjun ke dunia blog. Baru dalam arti memang baru mengenal blog atau baru memang ingin kembali menekuni dunia blog yang sempat ditinggalkan karena satu dan lain hal. Kebiasa-kebiasaan yang akan dipaparkan sebagian merupakan pengalaman pribadi, pengalaman orang lain atau temuan-temuan dari sahabat blogger lainnya. Saya tidak bisa menyebutkan satu persatu siapa saja yang memberikan kontribusi pada bagian-bagian dibawah ini, karena pengalaman yang diambil berasal dari sumber-sumber tercecer yang kemudian disederhanakan.
    Kebiasaan Jelek Blogger Baru

    Yang Harus Dihindari Oleh Blogger Baru

    1. Jangan Nge-Blog dengan Ceruk (Niche) Yang Tidak Disukai
    Niche atau ceruk adalah pemilihan kata khusus atau sekumpulan kata khusus yang spesifik untuk menjangkau taget pasar internet (internet marketing). Contoh, saya menggunakan sekumpulan kata spesifik "celana dalam levis untuk para bikers". Sekumpulan kata tersebut merupakan sekumpulan kata unik yang memiliki target khusus, maka sekumpulan kata unik tersebut dikenal dengan istilah niche keyword.
    Banyak sekali para blogger yang baru belajar tentang dunia blog membaca-baca kisah orang lain yang telah sukses, kemudian mereka terkontaminasi dengan apa yang dibahas oleh mereka, sehingga mereka berusaha mengikuti jejak blogger sukses tersebut sampai dengan topik artikel yang ditulisnya, seakan mereka ingin seperti blogger sukses favoritnya dengan cara mencontoh topik-topik yang mereka bahas, walaupun menghasilkan topik artikel yang mirip namun harus diingat titik berat artikel blog yang kita kelola. Mengikuti langkah mereka membangun blog bolehlah sama, namun topik yang dibahas janganlah terlalu memaksakan diri hampir sama dengan blogger sukses. Carilah topik artikel yang benar-benar anda kuasai, karena topik yang anda sukai bahkan (lebih bagusnya) jika itu adalah hobi anda akan menghasil niche keyword yang lebih baik tanpa kita sadari. Jauhkan kepentingan anda untuk menjadi blogger sukses dalam sekejap, lebih fokuslah pada subjek yang akan anda tulis. Hindari menulis hal-hal yang tidak anda sukai, karena itu akan menjebak cara berfikir anda, yang pada akhirnya akan kehilangan topik bahasan, lebih parahnya lagi berhenti menulis. Terbengkalailah blog yang sudah susah payah dibuat.

    2. Jangan Terobsesi dengan Jumlah Pelanggan (Subscriber)
    Tolok ukur paling umum untuk menentukan sebuah blog besar adalah jumlah pelanggan artikel dari blog tersebut. Namun jangan sampai kita terjebak dengan jumlah pelanggan. Tetaplah bangun blog hingga memiliki basis atau jumlah artikel yang semakin banyak sehingga dengan sendirinya jumlah pelanggan blog anda juga akan terus bertambah. Hal yang paling berbahaya adalah terjebak dalam hitungan jumlah pelanggan, padahal sang pemilik blog saja merasa tidak percaya diri dengan apa yang dibahas pada blognya atau bahkan blog tersebut hasil contek sana contek sini. Pertama; Ingatlah bahwa kita tidak bisa memaksa seseorang untuk berlangganan, kita tidak bisa mengendalikan situasi seperti itu, yang pada akhirnya kita frustasi dengan blog sendiri. Kedua; Pelanggan setia itu lebih berharga walau berjumlah sedikit karena mereka dengan seksama dan akan membaca artikel yang telah kita tulis dengan teliti sehingga mampu memberikan input pada penulis blog, sedangkan pelanggan biasa itu jarang atau tidak pernah membaca postingan yang sudah kita buat. Sehingga untuk memberi gambaran seberapa besar blog dengan melihat jumlah pelanggan yang sudah berlangganan adalah hal yang harus dihindari. Banyaknya jumlah pelanggan bahkan membuat sang pemilik blog menjadi terjebak dengan angka hingga membuatnya lupa akan topik utama dari blog yang dibuat. Fokuskan untuk menemukan pembaca yang aktif dan tingkatkan komunikasi dengan mereka, bukan hanya melalui daftar pelanggan saja.

    3. Jangan Melewatkan Koreksi Artikel
    Mengkoreksi artikel mungkin salah satu hal yang membosankan, namun hal ini adalah wajib. Kita mungkin bisa saja membiarkan kesalahan yang ada di beberapa bagian artikel kita, tetapi kesalahan yang dibiarkan tersebut akan mengalihkan pembaca setia dan bahkan meninggalkan artikel-artikel kita. Jika bahasa Inggris bukanlah bahasa utama anda sedangkan artikel dibuat untuk pembaca internasional berbahasa Inggris, rajin-rajinlah untuk mempelajari susunan kata yang baik. Edit dan koreksi artikel setelah menulis dan sebelum diterbitkan. Jika anda berdua, penulis dan editor, berikan rentang waktu sekitar satu jam antara menulis dengan mengkoreksi artikel. Buatlah salinan dari versi aslinya dan periksa ejaan serta tata bahasa pada artikel yang akan dan telah diterbitkan.

    4. Jangan Abaikan Desain
    Banyak blogger meremehkan pentingnya desain. Setiap pengunjung yang baru pertama kali singgah secara keseluruhan akan memperhatikan tampilan dan nuansa blog. Tiga atau empat widget yang penuh sesak pada sidebar dan kurang berguna justru akan membingungkan pengunjung. Pengunjung biasanya akan tinggal cukup lama jika mereka merasa nyaman dengan desain blog yang kita buat. Kombinasi warna yang nyaman di pandang mata adalah faktor penting lainnya dari sebuah desain blog. File gambar bisa meningkatkan penampilan blog, namun menambah beban load halaman. Blog terlalu berat juga menjadi masalah untuk pengunjung, terutama bagi blog yang baru mulai tampil didunia maya.

    5. Jangan Menulis Tidak Beraturan
    Kunci kesuksesan seorang blogger adalah teratur dan konsisten pada artikel blog. Banyak sekali blogger yang begitu bersemangat menulis pada awal kemunculan blognya namun setelah itu frekwensinya menurun hingga akhirnya tidak teratur. Itu membuat pembaca blog anda perlahan tapi pasti rontok satu persatu. Buatlah master plan dan jadwal, kemudian terbitkan secara teratur.

    6. Jangan Mudah Menyerah
    Kesabaran adalah faktor yang sangat penting bagi seorang blogger. Semua orang pasti ingin mendapatkan uang secara online dengan cepat, dan mungkin anda pernah melamun mendadak kaya dalam semalam. Jika anda blogger pemula atau bahkan calon blogger, menjadi seorang blogger itu tidak semudah membalik telapang tangan. Dibutuhkan kerja keras dan kesabaran, karena blogger yang sukses dalam semalam itu hampir tidak ada jika tidak disebut jarang. Jangan mudah menyerah...!

    7. Jangan Periksa Statistik Terus Menerus
    Statistik lalu lintas bisa saja menjadi candu dan hal tersebut bisa menggelincirkan blogger kedalam kebiasaan kompulsif untuk terus menerus memeriksa statistik lalu lintas sehingga lupa dengan topik yang harus di bahas. Memeriksa statistik setiap beberapa jam tidak akan mengubah hasil statistik secara signifikan terhadap blog. Buatlah jadwal khusus untuk memeriksa statistik blog, bisa sehari sekali, seminggu sekali atau waktu-waktu lain yang sudah ditetapkan. Dan juga kita bisa saja menyisihkan waktu sebulan sekali dengan jumlah jam yang lebih banyak lagi untuk menganalisis blog lebih mendalam sehingga kita mampu mengambil suatu kesimpulan lebih bagus lagi dalam peningkatan kualitas blog.

    8. Jangan Mengejar Lalu Lintas (Traffic) Sosial Media
    Sosial media memang bisa mendatangkan dan meningkatakan lalu lintas ke blog, tetapi bisa saja hal tersebut akan menjadi gangguan besar. Terlalu sering bermain-main dengan sosial media justru akan membuat anda lupa tujuan awal membuat blog yang pada akhirnya lupa pula untuk menuliskan artikel pada blog. Ingatlah bahwa artikel adalah raja, yang merupakan aset utama dan yang paling bertanggung jawab untuk meningkatkan lalu lintas blog. Pastikan bahwa anda membagikan pekerjaan hanya yang terbaik untuk sosial media, dan perhatikanlah kehebatannya.

    9. Jangan Jadi Pecandu Jejaring Sosial
    Jangan jadi pecandu jejaring sosial. Sebagian besar dari kita (blogger) menjadi sangat kecanduan dengan jejaring sosial. Jauhkan Facebook, Orkut, Twitter dan jejaring sosial lainnya saat kita sedang bekerja. Matikan semua instant messenger dan gunakanlah jika memang diperlukan. Menetapkan waktu blogging sangat membantu kita meningkatkan kualitas artikel.

    10. Jangan Termanjakan Feed dan Forum
    Forum dan RSS Feed adalah cara terbaik untuk mengetahui perkembangan terbaru, sehingga kita bisa memantau pelanggan melalui feed tentang artikel yang sudah kita tulis. Namun banyak blogger menghabiskan waktu setiap harinya hanya untuk menelusuri feed yang sebenarnya tidak menarik untuk di bahas. Akan lebih baik kita hanya berlangganan melalui feed dan menelusurinya setiap bulan dan singkirkan hal-hal yang tidak perlu untuk dibaca, jangan biarkan kita menghabiskan banyak waktu setiap harinya. Demikian pula dengan forum, forum besar akan membantu lalu lintas blog kita namun kita tetap harus berhati-hati, karena bisa saja kita terjebak didalam forum tersebut yang akan menghabiskan waktu dalam berpartisipasi. Forum juga bisa saja menjadi candu, terutama jika sering mendapatkan email pemberitahuan tentang balasan dari orang lain pada postingan anda. Tetap atur kunjungan forum sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat dan aktifkan notifikasi email untuk hal yang penting saja. Berhentilah berlangganan setelah topik-topik atau pertanyaan-pertanyaan anda mendapat tanggapan yang memuaskan.

    11. Jangan Berkomunikasi Secara Tidak Teratur
    Berkomunikasi dengan blogger lain (misal; blogwalking) adalah bagian penting dari kegiatan blogging, namun banyak orang kemudian terjebak dengan asyiknya kegiatan ini hingga akhirnya menghabiskan banyak waktu. Tetap organisir dengan baik untuk memeriksa email-email yang masuk kedalam inbox. Kategorikan jenis email yang kita terima dan buatlah template tanggapan untuk mereka, atau buatlah sebuah halaman FAQ (Frequently Asked Questions) secara rinci. Kelola kotak masuk dengan efisien dengan menggunakan folder. Periksalah email dua kali sehari dan kita pun tidak perlu menganggapi setiap email yang diterima.

    12. Jangan Toleransi Plagiarisme
    Kita bisa bebas untuk mengunjungi blog favorit kita, kemudian membaca artikel yang disajikan untuk memperoleh inspirasi, namun jangan di copy paste. Artikel yang kita buat haruslah asli jika kita ingin dikenal. Orang yang ingin serius menggarap blognya harus memperhatikan bahwa menyalin kemudian menyisipkan artikel orang lain secara acak itu justru akan membuat anda tidak mendapat pengakuan dari kalangan pembaca dan pastinya akan sulit untuk mencapai sukses dengan kebiasaan menjiplak dan atau me-repost artikel orang lain. Melakukan penelitian secara menyeluruh untuk menghasilkan artikel berkualitas tinggi dan unik akan membuat blog anda memiliki kelas tersendiri, hal ini juga akan membuat anda menjadi seorang yang unik dengan gaya yang unik pula.

    13. Jangan Mengurangi Tujuan
    Ketika seseorang gagal ngeblog, sering kali karena mereka tidak mempunyai tujuan yang jelas. Menetapkan tujuan yang jelas dan realistis sangat berguna karena hal tersebut merupakan motivator hebat bagi seorang blogger. Apakah tujuan anda membuat blog adalah mendapatkan sejumlah pengunjung, komentar, iklan atau apapun itu, memiliki tujuan yang jelas membuat kita mampu berbagi waktu dari rutinitas tugas yang berjubel.

    14. Jangan Menulis Hal yang Terlalu Pribadi
    Setiap blogger memiliki kehidupan pribadi, kehidupan yang jauh dari dunia blog, dan itu bukanlah hal yang jelek. Namun ingat bahwa sebuah blog bisnis bukanlah buku harian, dan artikel yang anda buat itu harus singkat, padat dan jelas. Kita harus mengingat bahwa pembaca meninggalkan hal-hal yang tidak menarik bagi mereka. Ketika kita harus menulis tentang kehidupan pribadi, pintar-pintarlah memilah dan memilih dari sisi mana kita harus menarik garis.

    15. Jangan Hanya Berbagi Berita
    Jika blog anda mempunyai lalu lintas yang tinggi dan mantap, anda bisa saja menulis dan menerbitkan artikel tentang berita yang anda ketahui dengan baik untuk meningkatkan lalu lintas blog. Namun jika blog anda memiliki lalu lintas yang rendah dan sedikit maka hindari artikel yang terfokus pada berita, karena hal tersebut bisa saja membuat pengujung tidak bertahan lama pada blog anda, karena blog berita akan mendapat saingan yang cukup berat dari blog raksasa seperti Tempo, Kompas, Detik, dan beberapa blog besar lainnya. Blog-blog tersebut tentunya melakukan pekerjaan dengan serius, benar dan efisien. Ciptakan keunikan pada blog anda untuk membedakan dengan blog orang lain, anda bisa saja memilih rute atau alur yang berbeda dengan blog lain pada umumnya.

    16. Jangan Nyepam
    Jangan menyebarkan link blog sendiri ketika anda berkunjung pada blog orang lain, dan hindari menjadi komentator pertama di setiap posting pada blog yang memiliki lalu lintas rendah. Hindari juga membalas setiap komentar pada blog sendiri.

    17. Jangan Pasang Iklan di Mana-mana
    Beberapa blogger membuat kesalahan dengan berfikir bahwa mereka dapat dengan seenaknya memasang iklan dimana-mana pada blognya dengan harapan mampu meningkatkan pendapatan melalui iklan. Dalam kenyataan hal ini justru sebaliknya, bahkan hal yang sangat merugikan salah satunya mempengaruhi kualitas SEO. Terlalu banyak iklan pada blog tanpa disadari akan menganggu pembaca dan atau justru mengusir mereka. Jangan buang-buang waktu anda dengan meyakinkan pembaca akan sebuah produk dengan menuliskan artikel-artikel atau deskripsi dengan kata-kata bohong atau licik. Minimalkan pemasaran affiliasi dan pembaca akan setia pada blog anda.

    18. Jangan Biarkan Ide Menghilang
    Manusia adalah makhluk dengan berbagai keterbatasan, salah satunya keterbatasan memori. Ide datang dan pergi begitu cepatnya dari dalam memori kita, maka perlu sekali bagi seorang blogger untuk menuliskannya jika ia tiba-tiba menemukan ide yang menarik untuk diangkat sebagai tema artikel. Jangan andalkan memori anda. Siapkan draft posting dengan sebaik-baiknya, sebagai tindakan preventif ketika ide tiba-tiba hadir dan mengalir seperti air.

    Mari sama-sama belajar menulis... Happy Blogging :)
  • 20 Gaya Posting Blog Versi Om Romi

    3
     Jalan Siang2 ke inter eh nemu Gaya Posting Dari Om Romi

    lebih baik ku Buat Post aj Biar Sahabat Blogger Biar Rame Pengunjung and Bisa lebi ter motivasi

    dari pda panjang lebar yuk simak aja ya ....




    1. Insight Bloggingg: Membagi ide orisinil, pemikiran yang mendalam, trend dan komentar tentang suatu topik. Termasuk gaya ngeblog yang paling sulit dilakukan. Boleh memposting lebih dari lima kali sepekan dan tingkat popularitasnya juga tinggi (4). Meskipun harus dipahami bahwa tingkat kesulitannya adalah sangat tinggi (sulit).
    2. Ambition Blogging: Tujuan posting untuk mencapai suatu ambisi dan cita-cita yang diinginkan. Biasanya posting ditujukan untuk para pembuat keputusan. Karena tingkat kesulitan menulisnya relatif rendah dan demikian juga dengan popularitasnya, maka sebaiknya tidak memposting lebih dari satu artikel per pekan.
    3. PiggyBack Blogging: Posting tentang suatu topik yang sedang populer  dan ramai ditampilkan di  media massa. Bentuknya bisa opini, kajian analisa, dsb. Dengan tingkat kesulitan sedang dan popularitas yang lumayan (3), maka berburu posting seperti ini mungkin pilihan yang menarik bagi blogger yang tulisannya sedikit dikomentari orang :)
    4. Life Blogging: Disebut juga dengan reality blogging. Posting tentang cerita nyata yang terjadi pada kehidupan kita sehari-hari. Relatif mudah dilakukan, meskipun popularitasnya sedang (2). Jumlah postingan dengan gaya ini boleh lebih dari lima kali sepekan.
    5. Brand Blogging: Posting tentang atribut positif dari suatu brand, personal atau produk (inside look). Bisa juga berupa asosiasi individu dengan suatu brand baik sifatnya official atau unofficial. Harus hati-hati disikapi, meskipun tampak menggoda, dan boleh dilakukan lebih dari lima kali sepekan, tapi popularitasnya relatif rendah (2) :(
    6. Detractor Blogging: Posting tentang rasa tidak suka, komplen terhadap suatu layanan, produk atau brand. Biasanya karena blogger mendapatkan pengalaman buruk ketika menggunakan layanan, produk dan brand tersebut. Meskipun tingkat popularitas lumayan tinggi (3), tapi harap diingat untuk tidak melakukan posting dengan gaya ini sepekan lebih dari satu kali. Saya sendiri hanya pernah melakukan empat kali posting dalam kehidupan blogging saya. Terlalu vulgar melakukan detractor blogging akan membuat kita berhadapan dengan pasal 27 UU ITE :)
    7. Annoucement Blogging: Posting berupa suatu berita, pengumuman atau isu besar yang tidak diketahui umum sebelumnya. Efek maksimum akan diperoleh apabila kita menjadi penyebar berita yang pertama tentang isu tersebut. Meskipun termasuk posting yang sangat sulit khususnya mendapatkan timingnya, tapi termasuk yang kadang harus kita kejar karena tingkat popularitasnya yang aduhai banget (5) :)
    8. Link Blogging: Posting berupa koleksi link situs, blog atau konten lain yang dibutuhkan oleh pembaca. Apabila kita berhasil menyajikan link yang sangat dibutuhkan oleh pembaca kita, maka url posting kita ini akan dibookmark dan disimpan oleh pembaca kita. Kesulitannya lumayan, tapi popularitasnya relatif tinggi :)
    9. Video Blogging: Posting berupa video orisinil yang dibuat sendiri. Bisa juga dengan meletakkan video di YouTube, dibuatkan linknya di posting blog kita dan kita beri komentar dan analisa yang menarik. Popularitas tergantung dari kualitas video dan komentar yang kita sampaikan. 
    10. Photo Blogging: Posting yang utamanya berisi hasil jepretan foto. Foto biasanya berbentuk seri yang kita ambil langsung dari kamera kita. Bisa diberi tambahan komentar di posting ataupun hanya foto saja. Tingkat kesulitan lebih rendah daripada Video Blogging, tapi popularitasnya relatif sama. Cocok untuk menambal kebosanan pembaca kita yang sudah terbiasa membaca artikel yang berbentuk text di blog kita.
    11. Review Blogging: Opini dan review yang jujur dari kita mengenai suatu produk atau layanan. Bisa karena adanya permintaan, bayaran, atau inisiatif kita pribadi. Posting yang relatif mudah dilakukan, tapi popularitasnya lumayan. Termasuk posting yang harus sering kita kejar :)
    12. Evangelist Blogging: Tujuan untuk menginspirasi orang lain supaya percaya terhadap sesuatu yang kita percayai. Sesuatu itu bisa berupa masalah sosial, organisasi, produk atau individu yang kita percayai. Akan lebih dahsyat lagi apabila inspirasi dan ajakan dilandasi kajian yang semi ilmiah :)
    13. List Blogging: Posting berupa rangking 10 besar (top ten) atau semacamnya tentang suatu hal. Posting biasanya akan di bookmark dan disebarluaskan oleh pembaca blog kita. Dengan kesulitan sedang dan maksimal posting boleh lebih dari lima kali per pekan, termasuk yang mungkin harus sering kita buat. Apalagi kalau melihat tingkat popularitasnya yang tinggi (5). Bisa dimulai dengan merangking sesuatu yang sederhana dan parameter penilaian yang mudah.
    14. Survey Blogging: Posting berupa survey yang kita harapkan dijawab oleh pembaca blog kita. Survey bisa menggunakan plugin polling atau kita minta pembaca langsung menjawab di kolom komentar blog kita. Popularitasnya tinggi (4) dan mungkin relatif mudah kita lakukan bila kita menggunakan plugin polling. Bisa dimulai dengan membuat survey sederhana tentang aktifitas kita, buku yang kita baca, rumah yang ideal atau sesuatu yang sedang trend di masyarakat.
    15. Repost Blogging: Mengambil tulisan atau posting dari blog atau situs lain dan memposting di blog kita. Biasanya dengan diberi komentar tambahan atau hanya copas habis-habisan. Termasuk yang selalu saya hindari dalam ngeblog dan memang sebaiknya tidak kita lakukan karena akan menurunkan brand blog kita.
    16. Guest Blogging: Menulis artikel yang dipublish pada blog atau situs lain yang bukan milik kita. Biasanya karena kita bergabung ke sebuah komunitas atau kita tidak punya sarana untuk ngeblog.
    17. Interview Blogging: Posting berupa hasil interview terhadap seseorang. Dipublish dalam bentuk text (transkrip), audio,  atau video. Relatif sulit, tapi biasanya popularitasnya cukup tinggi. Boleh dilakukan lebih dari lima kali sepekan.
    18. Event Blogging: Posting berupa kesan, opini dan pemikiran tentang suatu event (seminar, conference, konser, etc) yang kita ikuti ataupun tidak. Popularitasnya tinggi bila banyak pembaca kita yang berhubungan dengan event yang kita postingkan
    19. Live Blogging: Posting apa yang saat ini  sedang terjadi secara realtime. Biasanya blogger menggunakan peralatan mobile dan pembaca mengikuti melalui RSS (sindikasi). Beberapa blogger sekarang menggunakan facebook dan twitter untuk live blogging. Termasuk yang popularitasnya tinggi, tapi harus hati-hati dalam editing artikel karena tingkat kesalahan menulis pada live blogging cukup tinggi (terbatasnya waktu).
    20. Classified Blogging: Adanya kebutuhan terhadap suatu produk atau layanan. Posting berupa pembukaan lowongan atau pernyataan pencarian suatu produk atau layanan yang kita inginkan untuk dibeli atau dijual. Mudah sekali dilakukan dan sebaiknya tidak sering kita lakukan :)

      Sumber : romisatriawahono
  • Copyright © - Blog Anak Madura

    Blog Anak Madura - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan