• Posted by : Unknown Kamis, 12 Desember 2013



        Yow, ahahaha ( sepertinya menjadi salam khas @_@ ). Kali ini free talk saja yah, ingin membagi beberapa unek-unek kita soal cap level 60. Seperti kalian ketahui, Desert Dragon sudah 4 minggu berkeliaran di DN SEA. Kali ini saya ingin mencoba membagi beberapa hal dalam pikiran saya, terutama tentang line up Dragon Raid. Semenjak Kali tiba, tentu kita harus memperhitungkan ulang posisi job ini dan efeknya terhadap slot 8 orang di party. Ada beberapa job yang "digusur" tidak peduli seberapa wah gearsnya. Saya sering "mangkal" di channel 3 ( channel utama ) untuk melihat seperti apa "pasar" random party, demand mereka terhadap job dan lain-lain. Okey, buat yang jobnya terkena "dark" list jangan marah yah... saya hanya ingin share apa yang "sebenarnya" terjadi. Info ini sangat berguna juga bagi kalian yang bermain DN dengan cap level di bawah 60, sehingga bisa menentukan char apa saja milik kalian yang "worth" untuk kalian investkan di level 60 kelak.
    Death Class
    1. Screamer. Benar-benar tidak pernah melihat, membaca, ataupun mendengar permintaan akan job ini. Baik sub-classnya berupa Soul Eater dan Dark Summoner.
    2. Saleana / Pyromancer. Semua monster di DDN memiliki resist all elemen 50%, inilah alasan utama party tidak membawa job ini. Saudara tirinya-pun, Elestra/Cryo kebanyakan dianggap sebagai support-ice stacker.
    3. Adept. Sama seperti Saleana, job ini seperti hilang ditelan bumi secara perlahan-lahan. Bahkan di GDN HC pun sangat jarang melihat job ini eksis.
    Rising Class
    1. Dancer. Dimana-mana, slot untuk party raid selalu ada untuk job ini. Most wanted skill adalah Aesthetic Dance Part II, Phantom Guard, dan Genie Spirit. Plus Sufi/ Illusion dance nya yang membuat dia dapat berposisi sebagai main hitter.
    2. Acrobat. Extra movement/ action speed dan faster cooldown rate. Dimana-mana mencari acro...
    Mulai Suram
      Seperti yang saya tulis, job di bawah ini mulai "tidak dilirik" namun bukan berarti tidak ada slot untuk mereka.
    1. Segala jenis Merce. Mulai banyak blue bird merce mencari party DDN, namun di channel 3 sendiri tidak ada teriakan mencari merce untuk slot party. Hal-hal yang bisa ditawarkan merce untuk party : Super Armor ( ditutup guardian force - Guardian ), Battle Howl ( Crit + damage ditutup Bowmaster/Hunter ), Reduce Damage ( ditutup Engineer + permanent Damage trans apabila dibantu SB ), Highland/Lifesafe ( DDN adalah stage mekanik tidak bisa KOS, sehingga kerja sama team sangat penting. Ketika team work yang utama, HL/LS tidak di spam dan swordman sudah bisa mengcover ).
    2. Inquisitor. Cure Relic dan Healing Relic -ex membuat jarak pemisah Saint dan Inquish semakin besar. Kalau mau jujur, +8 geared saint masih lebih baik daripada +10 geared inquish.
    3. Crusader. Kalau membawa crusader, berarti party anda harus membawa merce untuk urusan super armor. Seperti yang anda tahu, kedatangan Kali membuat slot 8 orang di party semakin tipis. Party leader yang bijak tidak akan membuang 2 slot untuk kumpulan badut ini ( badut lagi ngetrend gara-gara ruhut sitompul wkwkw ).
    Prefer-able Sub-Class
       Ketika mencapai level 45, kita bisa memilih 2 class berbeda. Sebenarnya perbedaan damage dari kedua sub-class ini tidak begitu jauh. Namun sekali lagi, ada satu atau dua skill di sub-class mereka yang membuat mereka dipilih dari saudaranya.
    1. Moonlord / Lunar Knight vs Gladiator. Sangat jelas, Finish Attack "owning" !
    2. Tempest vs Windwalker. Sangat jelas, Ring Shot - ex membuat perbedaannya.
    3. Shooting Star vs Gearmaster. Sangat jelas, splash bisa membuat shooting star solo pillar sedangkan GM tidak bisa. Mine thrower - ex membuat perbedaannya semakin jelas.
    4. Sniper vs Artillery. Seperti yang anda ketahui, setiap raid party akan membawa FU. Dan FU sendiri memiliki mirror yang mem-boosting magic damage. Yap, artillery di atas angin.
    Must Have Class
    1. Saint. Tidak perlu dijelaskan karena sudah sama-sama tahu.
    2. Force User. Majesty atau Smasher? Dua-duanya diangkut!!
    3. Guardian. Job Legend di SDN kembali lagi !!!
    4. Elestra. Ice Cream !!
    5. Swordmaster. Debuffer terbesar kedua di party setelah elestra.
    6. Engineer. Reduce Damage/ Crit Resist/ Target Attack/ Ele Resist and sub-DPS.
       Ahahaha, no offense apabila ada yg di list enggak enak. Bagi teman-teman yang sudah bosan dengan dragon raid yang cuma "6 menit" bisa mempersiapkan dari sekarang DDN nya ^^.



    { 2 komentar... read them below or Comment }

  • Copyright © - Blog Anak Madura

    Blog Anak Madura - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan